28 Oktober 2010

PEMETAAN KKM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 DI WILAYAH II DUREN TIGA

Guru yang yunior harus banyak bertanya kepada guru yang senior, di harapkan dalam pengisian isi raport harus nilai murni asli apa adanya jangan di bulatkan. Pembinaan ini merupakan program kerja gugus atau wilayah dengan tujuan agar para guru lebih mudah dalam bahan pembelajaran. Melalui kegiatan ini untuk menambah pengetahuan guru tentang pembuatan program tematik untuk guru kelas satu, dua dan tiga. Dan penentuan KKM dalam penilaian sehingga guru dengan mudah dalam mencapai kriteria yang akan di capai dalam penilaian semester serta untuk menunjang penilaian kinerja guru yang di laksanakan pada bulan Oktober/November.

Jakarta Warta Pendidikan.

Bertempat di SDSN Duren TIga 01 pagi, para guru dan kepala sekolah yang ada di wilayah II Duren Tiga mengikuti pembinaan. Kegiatan berlangsung di lantai satu dan di hadiri oleh Ketua K3S Wilayah II Dra. Lelly Rosmawati, pengawas wilayah II Drs. Zakaria. M. Said dan nara sumber Drs. Djoko Warsono M.M. Materi yang di sampaikan adalah mengenai pemetaan KKM untuk semester satu tahun pelajaran 2010/2011. Kegiatan berlangsung selama dua hari, untuk hari pertama jum’at adalah pembuatan program tematik mingguan yang di ikuti oleh guru mulai kelas satu sampai kelas tiga. Untuk hari yang kedua sabtu adalah penilaian dan penyusunan kriteria ketuntasan minimal (KKM), pesertanya adalah semua guru mulai kelas satu sampai kelas enam tanpa terkecuali dan semua kepala sekolah. Baik guru olah raga, guru agama, guru pramuka baik yang status honor ataupun PNS hadir semua dalam pembinaan ini. Maksud dan tujuan pembinaan ini adalah yang pertama khusus untuk guru kelas satu sampai kelas tiga agar lebih mudah mempersiapkan dalam pembelajaran yang menuju kearah dalam merancang program mingguan.

Ada sebagian guru yang masih perlu di bina, seperti guru yang awalnya ngajar di sekolah TK lalu pindah ke sekolah SD dan guru yang masih honor, maka dari itu perlu di adakan pembinaan untuk penyesuaian. Sementara menurut keterangan ketua K3S wilayah II Drs. Lelly Rosmawati melalui kegiatan tematik untuk dapat menambah pengetahuan guru tentang pembuatan program tematik untuk guru kelas satu s/d kelas tiga.

Dan penentuan KKM dalam penilaian, sehingga guru dengan mudah dalam mencapai kriteria yang akan di capai dalam penilaian semester serta untuk menunjang penilaian kinerja guru yang dilaksanakan pada bulan Oktober atau November. Di himbau agar para guru yang masih yunior harus sering banyak bertanya kepada guru yang senior. Di harapkan kepada seluruh guru dalam pengisian nilai raportnya jangan di bulatkan, harus nilai yang di dapatkan benar benar murni asli apa adanya. Kalau ada ulangan harian harus ngambil dari perindikator.

Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang harus di capai ada tiga tahapan. Tahap pertama adalah nilai yang terendah, lalu nilai sedang dan terakhir nilai tertinggi. Untuk mencapai nilai mulai angka terendah yaitu angka 50 s/d 64, nilai sedang 61s/d 80 dan nilai tertinggi adalah 81s/d 100. Demikian yang di ungkapkan oleh nara sumber Drs. Djoko Warsono kepada Warta Pendidikan di akhir acara.

Sementara menurut keterangan salah seorang guru honor kelas tiga mengatakan, sangat berterima kasih kepada pengawas dan nara sumber yang telah mengadakan pembinaan mengenai tematik. Dan ini merupakan pertama kali di adakan pembinaan seperti ini selama menjadi guru. Diharapkan pembinaan seperti ini sering di adakan, karena hasilnya sangat membantu atau mempermudah dalam kegiatan mengajar sehari hari ,ungkap Endah Utamaningsih kepada warta pendidikan. (w@hyu)

PEMBINAAN GURU TENTANG TEMATIK&KKM DI WILAYAH III KALI BATA

Jakarta Warta Pendidikan Masih dalam kegiatan pembinaan untuk guru-guru yang mengajar di tingkat sekolah dasar di wilayah kecamatan Pancoran Jakarta Selatan. Untuk wilayah II Duren Tiga telah selesai pada tanggal (16/10), kini giliran wilayah III Kali Bata. Kelompok kerja wilayah III Kali Bata berjumlah sepuluh sekolah. Kegiatan pembinaan guru telah dilaksanakan pada hari kamis tanggal (21/10) yang bertempat di SDN Kali Bata 07 pagi. Yang mengikuti dalam pembinaan ini adalah guru-guru mulai kelas satu, kelas dua , dan kelas tiga. Mereka dengan penuh seksama mendengarkan materi yang di sampaikan oleh Pembina/pengawas wilayah III.
Pengawas wilayah III Drs. Djoko Warsono memberikan materi tentang tematik dan KKM. Maksud dan tujuan pembinaan ini adalah untuk menambah wawasan dan peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan dan merupakan program kerja dari dinas. Sebagaimana yang disampaikan oleh ketua K3S wilayah III Hj. Indasah dengan adanya pembinaan ini secara tidak langsung untuk membenahi kinerja para guru/tenaga didik supaya lebih efektif dan terencana dalam kegiatan belajar mengajar yang mengarah ke tematik yang disampaikan oleh pengawas. Sedangkan tujuan pemetaan kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah materi standar yang menentukan kenaikan kelas siswa. Apa bila nilai siswa ada yang dibawah nilai standar rata rata dari empat mata pelajaran.

Otomatis dengan nilai dibawah standar dari empat mata pelajaran maka si siswa itu tidak dapat naik kelas. KKM yang menentukan adalah guru dan kepala sekolah sendiri yang merancang untuk pencapaian nilai tertentu. Seperti untuk penilaian semester satu dan dua, sarana dan prasana sekolah, dan kemampuan guru. Untuk nilai raport di ambil dari ulangan harian baik secara lisan, ulangan tulis, tugas PR, dan ulangan kenaikan kelas, jelas Hj. indasah kepada Warta Pendidikan.

Selanjutnya pembinaan akan berlanjut untuk para guru kelas yang mengajar kelas Empat, kelas Lima dan kelas Enam yang Insya Allah akan mengikuti pembinaan PAIKEM&KKM yang akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal (23/10) di tempat yang sama. Sementara menurut salah seorang guru tentang tematik masih bingung dan belum paham arahnya kemana dan tentunya materi tematik harus sering di adakan agar para guru betul betul paham dan mudah dalam memberikan pelajaran kepada para siswanya.(w@hyu)

PEMBINAAN KINERJA GURU KELAS SATU, DUA DAN TIGA WILAYAH 4 RAWA JATI

MELALUI PEMBINAAN GURU, GURU DIHARAPKAN SEMUA SEKOLAH DAPAT MELAKSANAKAN ADMINISTRASI BELAJAR. DAN GURU HARUS BERPEGANG PADA TUGAS POKOK SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGAJAR.

Jakarta Warta Pendidikan.

Sudah merupakan agenda rutinitas dari dinas pendidikan dasar tentang pembinaan di tiap tiap wilayah masing-masing. Pembinaan ini adalah tujuannya untuk menambah wawasan/pengetahuan serta kedisiplinan kepada para guru yang mengajar kelas satu sampai kelas enam. Pembinaan ini di bagi menjadi dua bagian, yaitu untuk tahap pertama untuk guru kelas empat, lima dan enam. Sedangkan yang bagian terakhir yaitu khusus untuk guru yang mengajar kelas satu, dua dan tiga.

Dalam proses kegiatan belajar mengajar tentunya semua guru harus mengikuti materi materi yang sudah ditetapkan, maka sangat perlu di adakan pembinaan dengan waktu yang telah di tentukan. Pembinaan guru khususnya yang ada di wilayah 4 Rawa jati kecamatan Pancoran telah dilaksanakan pada hari kamis tanggal (21/10) yang bertempat di SDN Pengadegan 05 pagi. Yang mengikuti dalam pembinaan ini semua guru mulai kelas satu, dua, dan kelas tiga. Khusus untuk kelas empat, lima dan enam telah dilaksanakan pada hari selasa tanggal (19/10) ditempat yang sama. Serta para kepala sekolah sewilayah empat hadir dalam pembinaan ini dan tak ketinggalan ketua K3S Drs. Abu Sulaeman. Sebagai nara sumber sekaligus Pembina adalah pengawas wilayah empat Drs. Y. Agung Sugiyanta yang membahas tentang pembinaan kinerja guru. Dan ditambahkan penjelasan tentang tematik yang disampaikan oleh nara sumber Hj. Nikmah kepala sekolah SDN Rawa Jati 07 pagi. Acara di mulai jam 8:30 sampai jam 12:30.

Materi yang di bahas adalah tentang kinerja guru dan administrasi kegiatan belajar. Seperti Yang mana telah di sampaikan oleh pengawas Drs. Y. Agung Sugiyanta, ada delapan tugas pokok guru yang harus dilaksanakan. Pertama adalah menyusun Kurikulum, Penyusunan Program, Penyusunan Silabus, Penyusunan RPP, Evaluasi hasil belajar, Analisi hasil belajar, Tindak lanjut, dan yang terakhir adalah bimbingan Konsling. Sedangkan penunjang administrasi semuanya berjumlah tujuh belas yang harus disiapkan oleh masing masing guru. Agung mengharapkan kepada semua sekolah melalui pembinaan ini agar semua sekolah setidak tidaknya sudah melaksanakan administrasi belajar dan guru mengemban tugas pokok sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.

Sedangkan menurut Hj. Nikmah tentang tematik adalah hanya pendekatan pembelajaran. Konsepnya tumbuh dengan pengamatan sendiri yang dalam kegiatan belajar pertama dapat tercapai. Pembelajaran tematik dapat di ambil dari Silabus sedangkan temanya adalah sekolah yang menentukan itu sendiri,jelas Hj. Nikmah kepada Warta Pendidikan. Lain halnya yang di sampaikan oleh salah seorang guru, saya masih kesulitan untuk memahami tematik karena masih banyak yang perlu dibahas samapai mendalam, harapannya adalah pembinaan tematik harus sering di adakan secara berturut turut agar saya paham,jelas M. yassin.(w@hyu)

PENDALAMAN MATERI DI SMPN 238 JAKARTA.

 KEPADA ORANG TUA KALAU ADA MASALAH TENTANG SEKOLAH SUPAYA DATANG KE SINI AGAR ADA PENJELASAN DARI KAMI  
Jakarta Warta Pendidikan.
Keluhan orang tua siswa yang anaknya sekolah di SMPN 238 Jakarta mengenai kegiatan pendalaman materi Atletik dan siswa yang tidak piket dikenakan denda. Orang tua siswa yang tidak bersedia di sebutkan namanya mengatakan ‘’katanya sekolah sekarang gratis, buktinya anak saya di pungut juga ’’sambil nada sedikit emosi.

Untuk kegiatan pendalaman materi para siswa di kenakan biaya sebesar lima puluh ribu rupiah peranak yang di bayar sebulan sekali. Untuk kegiatan Atletik siswa bayar lima ribu rupiah belum termasuk ongkos. Sedangkan siswa yang tidak piket dikenakan denda lima ribu rupiah.

Maksud siswa yang tidak piket dikenakan denda lima ribu rupiah untuk menumbuhkan rasa disiplin agar tidak kebiasaan.

Dan Alhamdulillah semenjak diberlakukan seperti itu disiplin anak-anak ada perubahan.Uang dari para siswa itu atas dasar kesepakatan semua siswa untuk membeli makanan ringan untuk orang bekerja. Dari permasalahan ini warta pendidikan dapat penjelasan secara langsung dari wakil kepala sekolah Sutoto S.Pd yang merangkap sebagai Humas. Sutoto mengatakan bahwa pendalaman materi adalah atas permintaan orang tua siswa lewat MOU yang telah disepakati dan ada surat pernyataan dari orang tua siswa. Tidak semua siswa bayar penuh, bahkan kalau mereka tidak mampu tidak bayarpun tidak jadi masalah. Besarnya bayar pendalamn materi paling maksimal lima puluh ribu rupiah dan minimalnya tiga puluh ribu, itu tergantung dari kemampuan para siswa bahkan ada yang sampai gratis. Khusus untuk kelas sembilan kegiatan pendalaman materi dilaksanakan sebanyak enam belas kali dalam satu bulan.

Untuk siswa kelas tujuh dan delapan sebanyak delapan kali dalam satu bulan dengan biaya seikhlasnya. Mengenai kegiatan Atletik jarang di adakan paling cuma satu kali dalam persemester.

Warta Pendidikan kembali bertanya uang dari para siswa itu dipergunakan untuk apa? Ia menjelaskan uang itu di gunakan untuk kebutuhan seperti perlengkapan, kebersihan dan insentif para guru. Ketika ditanya kembali” Bukankah sekolah tidak boleh memungut dengan dalih apapun, karena sudah ada dana dari pemerintah BOS dan BOP. Ia pun mengatakan Semuanya atas dasar permintaan orang tua siswa agar prestasi belajar lebih meningkat. Selanjutnya Sutoto menambahkan SMPN 238 sedang membangun sebuah masjid yang berlantai dua dengan ukuran 24x10 yang memakan biaya hampir satu milyar rupiah. Sumber dana adalah sumbangan dari para alumni dan komite. Peletakan batu pertama di lakukan pada sebelum masuk bulan puasa oleh kepala seksi SMP kota madya jakarta selatan.

Dan target dua atau tiga tahun kedepan ingin sekolah ini menjadi sekolah formal mandiri/SSN. Setiap tahun pihak sekolah membantu para siswa yang tidak mampu dengan memberikan pakaian seragam sekolah secara lengkap jelas Sutoto kepada warta pendidikan.(w@hyu)

DZIKIR UNTUK NEGERI & SILATTURAHMI AKBAR

TUJUH RIBU ORANG MENULIS DI SPANDUK YANG PANJANGNYA TIGA RATUS METER, MEREKA BERDO,A KEPADA ALLAH UNTUK NEGERI SUPAYA DI JAUHKAN DARI MARABAHAYA.
 Jakarta warta pendidikan.
Pada hari rabu tanggal (27/10) ribuan umat muslim memadati bumi perkemahan Ragunan Jakarata Selatan. Ada tujuh ribu jama’ah yang datang dari pelosok penjuru wilayah Jakarta Selatan.Mereka datang kesini ialah untuk mengikuti acara dzikir akbar dan tausiyah. Para jama’ah yang hadir mulai dari para siswa Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah, Madarsah Aliyah, santri pondok pesantren serta para orang tua siswa.

Acara dzikir ini di buka langsung oleh wali kota administrasi Jakarta Selatan Drs.H.Syahrul Efendi dan dihadiri para sesepuh serta alim ulama yang ada di wilayah Jakarta Selatan. Maksud dan tujuan acara ini yaitu sebagai mana yang di sampaikan oleh ketua panitia pelaksana Nurfajariyah S.Ag, mensyiarkan Madrasah Diniyah yang ada di Jakarta Selatan.

Karena Madrasah Diniyah mempunyai potensi yang sangat luar biasa terutama dalam penanaman karakter akhlak manusia. Harapannya adalah agar acara seperti ini tetap di adakan rutin sehingga keberadaan Madrasah Diniyah benar benar tetap ada. Walaupun Madarsah Diniyah kami bisa atau mampu menampilkan ulama nasional di antaranya K. H. Syukron Ma’mun, KH Mahrus Idris, Ustadz H. M. Arifim Ilham.

Kegitan ini dapat dukungan oleh pemerintah daerah dan kelompok kerja Madrasah Dinyiah dan forum komunikasi pondok pesantren (FKPP). Sebagai pelengkap acara ini di adakan dzikir bersama yang di pimpin oleh ustadz H. M. Arifin Ilham dan tausiyah yang di sampaikan oleh KH Syukron Ma’mun serta gebyar seni para siswa/santri. Para siswa/santri tampil dengan menyajikan aneka unjuk kebolehan di antaranya tari saman dari pondok pesantren Darul Rahman, Sirih kuning dari Madrasah Diniyah Aisiyah Jaga Karsa.

Dzikir dalam kesempatan ini adalah untuk memohon ampun kepada Allah agar semua musibah yang sedang terjadi di negeri ini dapat lindungan dari Allah SWT. Seperti bencana yang terjadi di Wasior papua, sunami yang terjadi di mentawai, dan gunung meletus di Jogjakarta dan musibah ditempat lainnya.

Sedangkan KH. Syukron Ma’mun dalam tausiyahnya menjelasakan, agar semua umat bisa koreksi diri atas apa musibah yang terus menerus terjadi di negeri ini. Koreksi diri berlaku bagi kita semua,baik pejabat, ulama, kiai, ustadz, dan masyarakat tanpa terkecuali atas dosa yang kita perbuat. Tegakan keadilan jangan terapkan hukum timbang pilih, kalau penerapan hukum timbang pilih lebih baik hukum di tiadakan. Dalam hadits Nabi di jelaskan pada suatu zaman akan ada penceramah penceramah bermunculan, namun sayang mereka sedikit berilmu dalam arti ilmu agama.

Yang lebih menarik semua santri menulis di spanduk terpanjang yang mencapai tiga ratus meter. Ada sekitar tujuh ribu santri/para jama’ah yang menulis di spanduk ini. Mereka menulis do’a untuk negeri minta kepada Allah SWT agar negeri ini aman, damai dan di jauhkan dari segala marabahaya.(w@hyu)

22 Oktober 2010

PASKA BANJIR DISDN SIMPANGAN 02

tampak halaman sekolah yang pen
Bekasi, Warta Pendidikan
Paska banjir yang menerjang SDN Simpangan 02 cikarang utara menyisahkan Lumpur dan sisa air yang tergenang, kejadian ini terjadi pada pagi hari ketika siswa telah berkumpul di depan pagar sekolah namun tidak dapat masuk kelas dikarenakan sisa banjir berupa lumpur masih berada dirung kelas. dari keterangan guru Sekolah mengatakan saat ini sekolah terpaksa meliburkan siswanya dikarenakan ruang kelas dan kantor belum dapat dipergunakan dan mereka para siswa diberi tugas untuk belajar dirumah saja, kata nur.
Dari Keterangan Kepala Sekolah Hj. Atikah mengatakn sekolah pada bulan ini telah dua kali dilanda banjir, kami tidak dapat berbuat banyak untuk menghalau banjir dengan begitunya maka kegiatan belajar mengajar terpaksa dihentikan, dimana para guru dibantu dengan para pemuda di sekitar sekolah bekerja membersihkan lumpur dan kursi/meja yang berserakan di ruang kelas. 
ditambahkan lagi olehnya kalau musim hujan saat ini terus menerus kemungkinan besar sekolah dibuat sibuk lagi dan akan menguras dana operasional sekolah, ujar nya. 
dan diharapkan agar sekolah kami ini dapat diberi bantuan baik dalam bentuk materil maupun non materil serta diharapkan agar pemda Bekasi segera mengambil langkah terbaik bagi sekolah ini agar tidak terjadi lagi banjir.

menurut keterangan Kepala UPTD Kec Cikarang Utara Rukmin, M.Pd mengatakan solusi terbaik sekolah tersebut harus mendapat bantuan dengan cara rehab total dan diuruk tanah sekitar 1,5 meter diatas jalan. karena pada keadaan banjir jalananpun tergenang air setinggi 70 cm ungkap Rukmin yang akan berangkat menunaikan Ibadah Haji ini. (Iw)


21 Oktober 2010

SDN SIMPANGAN 02 DILANDA BANJIR KEMBALI


Bekasi, Warta Pendidikan 
Cuaca Panas dan terik pada hari kamis, 21 oktober dikabupaten bekasi sangat menyengat masyarakat dalam melakukan aktivitas mereka diluar rumah. Cuaca terik ini akhirnya mengakibat hujan yang sangat deras pada jam 4.00 sore daerah cikarang selatan lippo telah diguyur hujan dan merata keseluruh penjuru daerah hingga reda pada jam 6.00 sore. 

Akibat hujan yang sangat deras tersebut mengakibatkan aliran kali ciberum yang merupakan anak sungai kalimalang meluap hingga mengenaangi rumah-rumah warga disekitar kali tak luput pula adalah gedung SDN Simpangan 02 Cikarang Utara dimana pada saat ini banjir menerjang gedung sekolah lagi seperti pada hari rabu tanggal  13/10/2010 lalu. 

Dari pantauan Bajir telah mengenagi kelas dankantor sekolah setinggi 1 meter dari pantauan wartawan Belum nampak bantuan dari pihak kecamatan maupun UPTD kesekolah (Iw)

DUA RIBUl LIMA RATUS SISWA IKUTI LOMBA IMC DI KABUPATEN BEKASI

Kepala Dinas Pendidikan Kab Bekasi DR. Rusdi, Biomed Kunjungi Penyelengara
Lomba IMC di Komplek SDN Karang ASIH 04, 07 DAN 14 Cikarang Utara,
dan foto tuan rumah UPTD Cikarang Utara beserta Staff dan Kepala Sekolah
yang sekolahnya menjadi tempat lomba dan para tamu Undangan dari Karangbahagia

Bekasi, Warta Pendidikan 
Dua ribu lima ratus siswa Sekolah Dasar ikuti Lomba International Mathematics Competation yang diselengarakan oleh disdik kab bekasi tanggal 21 oktober 2010. acara yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini berjalan dengan hikmad dimana setiap peserta dengan serius menjawab lembar soal. 

Menurut keterangan Kepala Dinas Kabupaten bekasi DR. Rusdi, Biomed yang sedang berada dilokasi lomba di korwil IV tepatnya di Kompleks SDN Karang Asih 04, 07 dan 14, Acara Lomba ini adalah untuk menyaring nilai tertinggi dari 2500 peserta yang berasal dari siswa kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta sebanyak 40 peserta akan diambil dan kemudian disaring kemlai mejadi 24 peserta dan di susut kembali menjadi 8 hingga mendapat peserta pilihan dengan nilai yang tertinggi sebanyak 4 orang untuk mewakili kabupaten bekasi mengikuti Lomba international Mathematics Competation di Bali dimana Kabupaten bekasi mendapat kepercayaan tidak ikut seleksi provinsi dan nasional atau disebut dengan jalur khusus untuk langsung mengikuti Perlombaan tingkat internasional ini. 

Mengenai jalur khusus ini bahwasanya kabupaten bekasi sering mewakili provinsi Jawa barat dalam perlombaan Olimpiade Sain tingkat nasional dan mendapat juara seperti yamg pernah diraih oleh sekolah PeltIa harapan, Al-Azhar, SMP Presiden dan lainnya yang telah berlabel internasional atau memiliki Sertifikat ISO kemudian pula dengan sekolah negerinya seperti SMA I Tamsel dan SMP 1 Cikarang Utara, 

Adapun prestasi ini dikarenakan keperdulian dari semua stake holder dan Pemerintah serta letak geografis berdekatan dengan Kawasan industri dimana saat ini dikabupaten bekasi terdapat 3000 perusahaan yang otomatis memacu daya beli dari orang tua murid dalam menyekolahkan anak mereka, ujar Rusdi. 

Ditanya tentang keperdulian dari perusahaan-perusahaan tersebut kepada dunia pendidikan, Rusdi menjelaskan untuk CSR (Coparate Sosal Responsibility) dari mereka cukup baik karena banyak sekolahan yang mendapat bantuan baik dalam pemberian sumbangan siswa miskin sampai dengan pembangunan gedung sekolah, kata Rusdi diakhir wawancara. (iw)

BIMBINGAN TEKNIS LESSON STUDY MELALUI MGMP SMA DAN SMK SEKABUPATEN BEKASI

Hj. Ai Mulyanti, S.Pd Kepala Seksi Pengendalian mutu  Bidang Pendidikan Menengah
Disdik Kab Bekasi dan nara sumber dari LPMP serta Peserta Lomba
Bekasi, Warta Pendidikan 
Sekitar 150 guru mata pelajaran SMA dan SMK sekabupaen Bekasi hadiri Bintek di Gedung Serbaguna SMA 1 Cikarang Utara, hadir dalam dalam acara ini Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Drs. H. Sukri, M.Pd mewakili kepala Dinas DR. Rusdi, Biomed, Hj. Ai Mulyanti, S.Pd Kepala Seksi Pengendalian mutu Bidang Pendidikan Menengah Disdik Kab Bekasi, narasumber dan peserta Bintek, (Rabu, 20/10/2010). 

Acara yang bertemakan tentang belajar melalui pembelajaran tingkat SMA dan SMK sekabupaten Bekasi ini dengan Meningkatkan Musyawarah Guru mata Pelajaran dalam rangka mempersiapkan dan menjamin Profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan yang diselengarakan selama 3 hari dari tanggal 20 sampai dengan 22 Oktober 2010. Acara diisi dengan pemaparan dari nara sumber yang berasal dari Lembaga Peningkatan Mutu Pendidik (LPMP) serta dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tentang begitu pentingnya teknologi Informasi dalam pembelajaran seperti Komputerisasi serta Pengunaan Laptop oleh Guru Bidang Study. 

Menurut keterangan Kepala Seksi Pengendalian Mutu Hj. Ai Mulyanti, S.Pd mengatakan pada Warta Pendidikan Bintek ini diselengarakan untuk meningkatkan mutu guru-guru dalam pembelajaran kesiswa sekaligus sebagai sharing antar guru dalam bentuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), adapun mata pelajaran yang di bintekkan adalah mata pelajaran yang di Uji Nasional kan (UN) seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA dalam rangka mempersiapkan UN nantinya dan diharapkan agar hasil dari Bintek ini dapat disalurkan kesekolah masing-masing serta akan dimonitoring dan evaluasi oleh Kami, adapun jumlah SMA Negeri dikabupaten Bekasi sebanyak 33 sekolah dan SMKN sebanyak 12 sekolah sedangkan perwakilan dari SMA Swasta Sebanyak 5 Sekolah, ujar Ai di akhir wawancara.(Iw) 

Persiapan Lomba IMC di Komplek SDN Karang Asih 04, 07 dan 14

Kepala UPTD Cikarang Utara Rukmin, M.Pd 
Bekasi, Warta Pendidikan
Persiapan demi persiapan dilakuakan oleh sekolah yang kedapatan sebagai tempat penyelengaraan lomba adapun salah satu sekolah yang mendapat tempat perlombaan adalah Kompleks SDN karang Asih 04, 07 dan 14 dimana disini akan diadakan lomba IMC korwil IV yang terdiri dari Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur, Karang bahagia, Pembayuran dan Kedung Waringin adapun pelaksanaan lomba pada hari kamis, 21 oktober dengan memakai ruang kelas siswa sehingga siswa diliburkan utuk belajar dirumah, ujar dasuki Kepala sekolah SDN Karang Asih 07. 

Ia juga menambahkan saatnya sekolahan kami mendapat kepercayaan menjadi tempat perlombaan dan kami siap untuk mensukseskan acara ini, katanya. 

Dilain tempat Kepala UPTD Cikarang Utara Rukmin, M.Pd sekaligus merangkap sebagai Sekretaris K3 UPTD dan Bendahara PGRI kabupaten mengatakan, acara lomba yang akan diadakan dikorwil IV ii akan dilaksanakan di 3 tempat yaitu dikompleks SDN Karang Asih 04, 07 dan 14, kompleks SDN Karang Asih 1 dan 13 serta di SDN Karang Asih 12 dimana sekitar 550 Siswa akan berlomba disini dari 5 kecamatan, ia juga menambahkan sebagai tuan rumah perlombaan akan mempersiapkan tempat sebaik mungkin serta diharapkan agar mendapat juara 1, kata Rukmin yang dua hari lagi akan berangkat Haji ini. (Iw)

INTERNATIONAL MATEMATICS COMPETATION (IMC) TINGKAT KABUPATEN BEKASI

Drs. Mad Taher, M.Pd Kepala Seksi Pengendalian Mutu
Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi
Bekasi, Warta Pendidikan 
Lomba matematika internasional dikabupaten Bekasi akan berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2010 yang berlangsung di 4 Korwil yaitu Korwil selatan, Barat, Utara, Selatan dan Timur yang akan memperebutkan Juara 1 lomba IMC, menurut Drs. Mad Taher, M.Pd Kepala Seksi Pengendalian Mutu Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi mengatakan tujuan dari lomba ini adalah untuk meningkatkan prestasi anak dan mencari bibit unggul dalam pelajaran matematika dimana pemenang akan di ikutsertakan pada LOMBA IMC di Pulau Dewata Bali. Kami telah mempersiapkan 54 tempat perlombaan, dikarenakan setiap Sekolah dasar mengirimkan utusannya maksimal 3 orang dan acara ini akan diadakan serempak sekabupaten, doa kan daja semoga dapat berjalan lancar dan kondusif, ujarnya. (Iw)

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Tampak Salah satu Kepala Sekolah sedang sibuk
mempersiapkan supervisi Kepsek
Bekasi, Warta Pendidikan 
Ratusan kepala sekolah dari SD sampai dengan SMP sedang mempersiapkan diri menghadapi supervisi/penilaian kinerja kepala sekolah yang akan dilaksankan dari tanggal 25 Oktober sampai dengan selesai. Adapun instrument Penilaian kinerja kepala sekolah terdiri dari : Kepribadian, Manajerial, Kesiswaan, sarana prasarana, personal sekolah, keuangan sekolah, ketatalaksaaan, system informasi sekolah, kepemimpinan sekolah, program pembelajaran, hubungan sekolah dan masyarakat serta produkstivitas sekolah. Adapun instrument tersebut merupakan salah satu ketentuan baku dari Menteri Pendiidkan nasional. 

Menurut Nurdin Rivaldi, S.Ag, S.Psi Kepala seksi Tentis bidang Pendidikan dasar dinas pendidikan Kabupaten Bekasi yang dikepalai oleh Kepala bidang Sanusi, M.Pd mengatakan bahwa tujuan dari dilaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di kabuapaten bekasi secara umumnya dan lebih khususnya adalah meeningkatkan mutu kepala sekolah dalam melaksanakan jabatan fungsionalnya sebgaai kepala sekolah dimana saat ini kepala sekolah dalam jabatanya berfungsi sebagai Edukator, Manajerial, Administrator, dan supervisor (EMAS). 

Untuk pelaksanan monev tersebut diambil beberapa perwakilan pengawas dari setiap UPTD untuk menjadi Tim Supervisi Kepala Sekolah Kabupaten sedangkan untuk SMP berasal dari Pengawas Kabupaten, ujar nurdin. (Iw)

SDN SERTAJAYA 04 BUTUH REALISASI PROPOSAL REHAB

kepala sekolah H. Asih, S.Pd
Bekasi, Warta Pendidikan
Sesuai dengan PP 48 tahun 2008 tentang Pendanaan pendidikan menjelaskan tentang Investasi bangunan, lahan, sarana prasarana, biaya gaji serta biaya operasional sekolah menjadi tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah. Hal ini dikarenakan mengacu pada PP 47 tahun 2008 tentang Wajib belajar sembilan tahun dimana anak yang berusia Sekolah jenjang SD dan SMP wajib bersekolah tanpa kecuali. 

Sesuai dengan aturan yang ada Maka SDN Sertajaya 04 Cikarang timur mengajukan proposal rehab Sedang dimana dua unit bangunan sekolah yang tediri dari 6 lokal kelas tampak telah layak untuk mendapatkan rehab diman plapon dan kerangka atap, pintu, kusen serta lantai kelas telah tidak layak lagi untuk dipakai. 

Menurut keterangan kepala sekolah H. Asih, S.Pd diruang kerjanya mengatakn pada warta pendidikan saat ini kami sedang menunggu pelaksanan Rehab sekolah yang mana dana berasal dari bantuan dari ABT APBD Kab Bekasi tahun anggaran 2010 ini, Namun hingga saat ini bulan pertengahan bulan Oktober belum ada juga Pemborong datang kesini, padahal kalau kita mau melihat masa anggaran APBD tinggal sebentar lagi yaitu 2 bulan lagi sudah bulan Desember. 

Ditambahkan oleh ibu haji Asih bahw untuk tahun anggaran 2011 nanti kami telah menyiapkan Proposal Rehap 1 unit lagi dan pengerasan halaman dan pemagaran sekolah, mudah-mudahan dapat terealisasi Ujar kepala sekolah yang memiliki siswa sebanyak 221 orang ini. 

Dilin tempat salah satu guru mengatakan bahwa posisi sekolah yang berada diperlintasan utama jalan kabupaten dimana sering pejabat teras dikabupaten bekasi yang hilir-mudi melewati jalan ini, apa kata orang !! kalau SDN Sertajaya 04 Terlihat akan ambrol dengan Halaman sekolah yang becek dan tergenang air bila hujan serta tidak ada pagar halaman dimana bila sekolah libur menjadi tempat hewan kambing dan sapi mencari makan dihalaman sekolah, ujarnya sambil menghelakan napasnya. (Iw)

PORSENI TK SEKECAMATAN CIBARUSAH

Bekasi, Warta Pendidikan
Pendidikan yang dimulai dari usia dini adalah salah satu pembentukan watak dan karakter dari anak usia 5 s/d 6 tahun khususnya di pendidikan taman kanak-kanak atau disebut juga dengan TK, mempersiapkan generasi penerus bangsa untuk dapat berkreasi dan kerkarya sejak dini tak lebih lagi adalah dapat menumbuhkembangkan pergaulan social mereka yaitu belajar sambil bermain. 

Begitu juga halnya dengan Ikatan guru taman kanak-kanak (IGTK) Kecamatan Cibarusah pada hari sabtu, 16/10/2010 mengadakan acara lomba porseni TK sekacamatan Cibarusah. Menurut ketua penitia ‘Endah’ mengatakan tujuan dari acara ini adalah untuk menumbuhkembangkan bakat,, Minat serta Kreativitas anak dan guru, melatih keberanian dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dalam bidang olahraga dan seni. Serta mengemangkan potensi dan prestasi anak sejak usia dini dan terakhir adalah untuk mempererat silaturahmi sesame penyelenggara TK sekecamatan Cibarusah. Kata Endah. Ditambahkan olehnya Acara Terdiri dari lomba Gerak jalan, menyanyi, lari membawa bendera, menari dan mewarnai gambar. 

Dari pantauan warta pendidikan acara berlangsung sangat meriah dan berjalan kondsif dimana setiap peserta berlomba dengan kecerian terlihat dai raut muka mereka. (Iw) 

18 Oktober 2010

VERIFIKASI ULANG DATABASE GURU DAN TU HONORER DI PEMDA BEKASI

Tampak para tenaga honorer sedang berada didepan pintu masuk yang terkunci  dan keramaian diruang verifikasi
Bekasi, Warta Pendidikan 
Ribuan guru dan TU honore yang bekerja diistansi pemerintah Kabupaten Bekasi padati Balai Pemda Bekasi di Komplek Perkantoran Pemda Bekasi pada senin, 18 Oktober 2010. dari keterangan Salah satu TIM Verifikasi dari Pusat yaitu gabungan dari BKN, BPKP dan BKD mengatakan bahwa Verifikasi yang dipusatkan Balai Pemda ini dimulai dari hati Jumat lalu, 15/10/2010 dimana walaupun hari libur minggu tetap bekerja memverifikasi data Base Tenaga Honorer, ia juga mengatakan bahwa se-indonesia yang paling banyak tenaga Honorer adalah Kabupaten Bekasi sebanyak 3.600 Data Base yang diajukan oleh BKD pada bulan lalu. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke BKD Ujarnya. 

Namun sangat disayangkan Wartawan tidak dapat menjumpai satupun Pegawai BKD di ruangan atas balai pemda dikarenakan pintu ruangan Tim BKD Bekasi terkunci dan hanya Tenaga Honorer yang dapat masuk. Dari keterangan salah satu tenga honorer yang sedag mengajukan berkas Data Base, ruangan BKD memverifikasi data base bila BKD Mengeluarkan Listing List ke Tim Verifikasi Pusat maka pemeriksaan data dapat dilanjutkan. 

Selanjutnya menurut salah satu Kasubag salah satu UPTD bahwa Saat ini pemeriksaan ulang pemberkasan database yang bulan lalu telah dikirimkan ke BKN diperiksa kembali untukmencocokan apakah Tenaga Honorer tersebut telah mendapatkan Honor daerah, Tunjangan Fungsional maupun Bansos sebelum tahun 2005 karena pemberkasan ini adalah untuk mencari kembali Tenaga Honorer yang ketingalan kereta pada tahun 2005 lalu, ujarnya. 

Dari pantauan Wartawan Tampak salah satuTim Verifikasi sedang dikerubuti oleh para Tenaga Honorer untuk memastikan apakah data mereka sudah keluar dari BKD, namun hal ini mengakibatkan kejadian ricuh kecil dikarenakan salah satu tim verifikasi tergangu aktivitasnya, sambil mengatakan bahwa ia telah bekerja sampai dengan malam dari hari jum’at lalu, kalau begini caranya sampai besok juga tidak akan selesai, ujarnya dengan suara lantang. 

Dilain tempat salah satu Tenaga Honorer mengatakan bahwa saat ini keadaan tidak kondusif karena pintu yang sudah dikunci di terobos melalui Jendela, seharusnya hanya satu perwakilan saja yang masuk karena ruangan ini kecil, ditambahkan olehnya Keamanan dari Satpol PP pun tidak terlihat. Kata guru honorer ini, (Iw) 

16 Oktober 2010

KEPALA DINAS PENDIDIKAN HADIRI HALAL BIHALAL PGRI & KOMUNITAS PENDIDIKAN PROPINSI DKI

HALAL BIHALAL PGRI:Kepala dinas pendidikan provinsi DKI Jakarta
Dr.H.Taufik Yudi Mulyanto berfoto bersama dengan anggota PGRI
dalam acara halal bihalal PGRI&Komunitas pendidikan
yang di hadiri oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo.
Jakarta, Warta Pendidikan.
Pada tanggal 9/10 PGRI dan komunitas pendidikan propinsi DKI Jakarta mengadakan acara halal bihalal yang bertempat di Masjid Al-Azhar Sisimangaraja Jakarta selatan, Hadir dalam acara ini Gubernur DKI Fauzi Bowo, Kepala Dinas Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, ketua umum PGRI, para anggota PGRI dari mulai kecamatan sampai tingkat kotamadya, anggota DPRD dari komisi E, Kasudin Dikdas serta tamu undangan lainnya. Tema dalam acara halal bihalal kali ini dalah kita tingkatkan silaturahmi anggota PGRI dan komunitas pendidikan DKI Jakarta. Ketua umum PGRI dalam laporannya menjelaskan PGRI yang hadir pada saat ini sebanyak  2500 anggota, mereka sangat antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir. 
Para anggota PGRI memenuhi pelataran lantai bawah hingga lantai atas masjid. Ditambahkan pada bulan November akan di adakan pekan olah raga dalam rangka hari ulang tahun PGRI. 


Selanjutnya sambutan Gubernur DKI fauzi bowo mengatakan, PGRI punya tugas mendidik anak bangsa ini agar menjadi bangsa yang berakhlak mulia di masa yang akan datang. Dalam acara ini di isi dengan siraman rohani agama Islam yang membahas tentang syukuri nikmat yang telah di berikan oleh Allah SWT, Saya tetap membutuhkan keberadaan PGRI yang kuat dan kokoh dan Saya sendiri merasa bangga berkat jasa dan kegigihan seorang guru hingga saya menjadi gubernur, jelasnya.

Menjadi seorang guru, kita harus banyak bersyukur atas segala rizqi oleh Allah  SWT. Guru punya peran yang besar dalam mencerdaskan dan memajukan anak bangsa yang lebih maju, menanamkan Aqidah serta menanamkan akhlak yang baik dan mudah-mudahan semua ilmu para guru yang telah di berikan bisa bermanfaat dan dapat ridho dari Allah SWT. Amiin.(w@hyu) 



BUKA PUASA BERSAMA DI SDN RAWAJATI 04 PETANG

BUKA PUASA BERSAMA:Keluarga besar SDN Rawa Jati 04 petang pada tanggal 31 Agustus 
telah melaksanakan buka puasa bersama.Kepala sekolah Dra.Rusmiyati M.M.Pd beserta guru 
dan siswa berfoto bersama sebelum acara buka puasa bersama di mulai.

Kepala Sekolah SDN Ci Koko 01 Dapet Mantu

RESEPSI PERNIKAHAN :  Regina Estri Hervani putri bungsu Drs.F.A.Hermanto. MM kepala sekolah SDN Ci Koko 01 pagi telah di persunting oleh Danang Setyo Adhi putra.
Resepsi pernikahan yang berlangsung di gedung Graha Zeni pada malam Minggu tanggal 09 Oktober pukul 19.00-21.00 WIB di hadiri oleh kerabat, relasi serta tamu undangan lainnya.

MAMAH DEDEH&AA AFDEL HADIR DI SDSN PASAR MINGGU 02 PAGI

HALAL BIHALAL: SDSN Pasar Minggu pada tanggal 2/10 mengadakan
acara Halal Bihalal bersama komite dan orang tua murid.
Kepala sekolah Dra.Nursyidah Yustia Mpd berfoto bersama
dengan pengawas, ketua komite, dan ustadzah
kondang Hj.Dedeh bersama Aa Afdel.
TANAMKAN KEPADA ANAK SEJAK USIA DINI DENGAN KE EMPAT BEKAL SEBAGAI BENTENG AKHLAK YANG BAIK.PERTAMA KELUARGA, SEKOLAH, LINGKUNGAN DAN BACAAN YANG POSITIF. INSYA ALLAH ANAK KITA AKAN TERJAUH DARI TINDAKAN ANARKIS DAN PERILAKU YANG TIDAK BENAR. 

Jakarta Warta Pendidikan
Seiring memasuki bulan syawal dan masa berakhirnya hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 Hijriyah, sudah menjadi tradisi diadakannya acara halal-bihalal. Acara ini punya maksud dan tujuan yaitu untuk mempertemukan kembali teman, karabat setelah sekian lama tidak bertemu dan tujuannya mempererat tali silaturahmi dan memperkokoh ukhuwah Islamiyah. Pada hari sabtu tanggal 2 Oktober keluarga besar SDSN Pasar Minggu 02 pagi mengadakan acara halal bihalal antara komite, wali kelas, para siswa, dan orang tua murid. Hadir dalam acara ini di antaranya pengawas wilayah satu Hj Asmurni, perwakilan dari kasi Dikdas kecamatan Pasar minggu, ketua komite beserta anggota dan tamu undangan lainnya.

Kepala sekolah SDSN Pasar Minggu 02 pagi Dra. Nursyidah Yustia. M.Pd dalam sambutannya mengatakan halal bihalal ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan Dan terima kasih kepada bapak ibu yang telah membantu kami atas terselenggaranya acara ini. Mudah mudahan segala amal kebaikan di terima oleh Allah SWT dan bisa mempertemukan kembali dimasa yang akan datang, Amiiin. 



Sementara sambutan dari Drs.Sutarto yang mewakili kasi dikdas kecamatan Pasar Minggu menyampaikan segenap karyawan kasi dikdas menyampaikan mohon ma’af lahir dan batin. Mari kita ambil hikmahnya dari acara tauziah, acungkan jempol kepada pihak komite yang telah membangun acara yang begitu megah ini. Dalam acara yang mulia ini keluarga besar SDSN Pasar Minggu 02 pagi mengundang usatdzah kondang yaitu Hj Dedeh Rosidah dan Aa Afdel yang biasa kita lihat hanya lewat stasiun televisi dan yang biasa kita sebut dengan panggilan mamah dan aa. 


Materi yang di sampaikan oleh mamah dedeh adalah tentang hikmahnya bulan puasa, Idul Fitri dan Silaturahmi. Untuk bulan puasa ada beberapa malam yang di berikan oleh Allah SWT untuk kita manfa’atkan sebaikbaiknya demi mencapai ridho serta ampunan dari Allah SWT. Seperti malam lailatul qodar, malam magfiroh atau saatnya kita memohon ampunan kepada Allah SWT dan malam rahmah. Makna silaturahmi menyambung kembali yang terputus dan akan dipertemukan kembali lewat acara halal bihalal, Sedangkan makna fitri yaitu kembalinya jiwa kita yang suci.

Mamah dedeh berpesan kepada para orang tua agar anak anaknya di terapkan empat dasar binaan sejak dini. Ada empat dasar binaan yaitu di keluarga di sekolah dan lingkungan serta sering membaca bacaan yang positif. Apa bila ke empat dasar ini di terapkan pada anak sejak usia dini insya Allah anak anak kita tidak terjerumus dalam hal hal yang negatif. Seperti Tindakan anarkis, narkoba dan lain sebagainya. Tentang halal bihalal merupakan tradisi bangsa kita dan kalimat halal bihalal bukan merupakan bahasa arab yang pertama kali mempopulerkan adalah presiden RI pertama Soekarno.

Sementara menurut pendapat pengawas wilayah 1 Hj. Asmurni mengatakan apa yang di sampaikan Hadits dan Al-Qur’an lewat tauziah mudah mudahan para hadirin bisa sampai keseluruhan. Dan harapannya acara seperti ini tidak terputus walaupun sudah ganti kepala sekolah dimasa yang akan datang, sekaligus menjadi acara tradisi. Selanjutnya tanggapan dari ketua komite sekolah Ir. Hj. Dian Eka Wati kepada Warta Pendidikan menjelaskan, sangat positif sekali dan bisa menambah semangat anak anak lewat acara tauziah dan insya Allah acara seperti ini di tahun yang akan datang akan lebih baik lagi.(w@hyu) 

HALAL BIHALAL KELUARGA MAC DI ANJUNGAN SUMATERA BARAT TMII

HALAL BIHALAL MAC : 
Pada tanggal 08/10 komunitas MAC mengadakan halal bihalal di Anjungan Sumatera Barat TMII. 
Sebelah kanan adalah foto sekjen MAC Mursal Tanjung yang sedang memberikan sambutan
KOMUNITAS MAC BARU DUA TAHUN BERDIRI PUNYA TUJUAN KEDEPAN YAITU INGIN MENJADI PUSAT PENDIDIKAN, WARISAN, TRADISI, SENI DAN BUDAYA MASYARAKAT MINANG. TOLONG BANTU KAMI, TOLONG BIMBING KAMI KEKOMPAKAN, KESATUAN DARI SEMUA TOKOH MINANG. WALAUPUN RINTANGAN DAN UJIAN MELINTANG, ACARA INI TETAP KAMI LAKSANAKAN. KARENA SUDAH MENJADI TEKAD BULAT KAMI ACARA INI TETAP DILAKSANAKAN DENGAN SESUAI KEMAMPUAN 

Jakarta Warta Pendidikan.
Keluarga Komunitas Minangkabau Art & Culture Heritace (MAC) pada hari jum’at malam sabtu tanggal 08 Oktober yang bertepatan tanggal 29 syawal 1431 H. Bertempat di anjungan Sumatera Barat TMII dengan sukses telah mengadakan acara halal bihalal masyarakat minang. Dalam acara ini dihadiri oleh kepala UPTD Anjungan Sumatera Barat TMII Yusman Yusbar Sos, Pembina MAC, Sekjen MAC Mursal Tanjung, Ketua umum IKS PPM Sarlan, serta tamu undangan lainnya serta masyarakat minang saparantauan. 

Halal bihalal kali ini mengambil tema “Dengan seni dan budaya minang mari kita wujudkan masyarakat minang yang Islami dan mandiri’’. Ketua panitia pelaksana Budi Johan S.Pd dalam sambutannya menjelaskan walapun proses acara dari awal sampai ke hari H banyak sekali rintangan tetapi Alhamdulillah berkat kerja sama yang gigih dan pantang menyerah akhirnya acara halal bihalal tetap terlaksana, karena acara ini sudah menjadi tekad bulat kami. 


Acara halal bihalal ini di meriahkan oleh penampilan putra/i hasil kreasi MAC yang dapat menghibur semua penonton yang hadir pada saat itu serta sambutan sambutan dari pengurus MAC. Semua yang di tampilkan di sini adalah aneka ragam seni dan budaya masyarakat Minangkabau. MAC sendiri baru berdiri dua tahun yang lalu atau tepatnya pada tanggal 01 Oktober 2008. Dengan lahirnya komunitas MAC di harapkan organisasi ini akan menjadi wadah pusat pendidikan seni dan budaya masyarakat Minangkabau. 


Sebagaimana yang di utarakan oleh sekjen MAC Mursal ketika memberikan sambutan diatas panggung. MAC berdiri atas dasar rasa kekhawatiran dan kecemburuan sosial terhadap pelestarian seni dan budaya masyarakat Minangkabau yang sudah mulai di tinggalkan. Kami harapkan kepada saudara saudara sekalian tolong bantu kami, bimbinglah kami, kami punya cita cita agar terwujudnya MAC sebagai pusat tradisi, pusat pendidikan, pusat pewarisan seni dan budaya mayarakat Minangkabau. 


Mengenai program jangka pendek Mursal menjelaskan insya Allah pada bulan November 2010 akan mengikuti festival seni internasional yang bertempat di Sawah Lunto provinsi Sumatera Barat.Untuk kegiatan rutin setiap hari selasa dan kamis mulai jam dua siang sampai jam enam sore di adakan latihan tari di Anjungan Sumatera Barat TMII. Sedangkan dalam program kerja jangka panjangnya yaitu punya suatu idealis tetap di pertahankan dari semua tokoh masyarakat minang, jelas Mursal Tanjung kepada Warta Pendidikan.(w@hyu)

HALAL BIHALAL KKGPAI WILAYAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN DI MASJID RAYA PONDOK INDAH


HALAL BIHALAL KKGPAI: Pada tanggal 6/10 keluarga besar KKGPAI
mengadakan acara halal bihalal yang di ikuti oleh guru agama islam
yang bertempat di masjid raya Pondok indah jakarta selatan.
Tampak ketua panitia pelaksana Maswan beserta para panitia sedang berfoto bersama.
PEMBINAAN AWAL TAHUN DAN HALAL BIHALAL GURU PAI SD JAKARTA SELATAN. PENINGKATAN WAWASAN GURU PAI  BERKARAKTER 

Jakarta, Warta Pendidikan
Sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia setelah melewati hari raya Idul Fitri umat muslim selalu mengadakan acara halal bihalal. Di Negara lain tidak ada acara seperti ini bahkan kalimat halal bihalal bukan berasal dari bahasa arab. Menurut cerita yang pertama kali mengadakan acara halal bihalal adalah presiden pertama RI yaitu soekarno. Dari situlah hingga sekarang menjadi tradisi turun temurun di Negara yang kita cintai ini halal bihalal tidak terputus sampai sekarang ini. Halal bihalal merupakan dimana kita bisa mempertemukan dengan satu sama lain yang awalnya tidak bertemu sekian lama. 

Seperti yang di laksanakan oleh keluarga besar Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKGPAI) kota administrasi Jakarta Selatan mengadakan acara Halal Bihalal pada pada hari Rabu tanggal 06 Oktober yang berlangsung dan bertempat di Aula masjid raya Pondok Indah Jakarta Selatan. Ada sekitar seribu tamu undangan yang hadir pada saat itu yang semuanya para guru agama tingkat sekolah dasar yang ada di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan. Tidak ketinggalan kepala kementrian agama kota administrasi Jakarta selatan H. Aslih Kurniawan hadir pada saat itu. Mereka datang dari berbagai kecamatan di antaranya dari Pancoran, Tebet, kebayoran lama, Setia budi, Pasar minggu, Mampang dan lain sebagainya.

Maksud dan tujuan acara ini panitia pelaksana menjelaskan yaitu sebagai ajang tali silaturahmi antara para guru agama islam yang ada di wilayah Jakarta selatan dan ditambahkan sebagai pembinaan kepada para guru agama Islam di awal tahun. Berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas kerja samanya sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar. Halal bihalal seperti ini adalah merupakan kegiatan rutin setiap tahun setelah hari raya idul fitri. Melalui acara ini para guru yang jarang ketemu bahkan tidak pernah ketemu sekalipun bisa betemu di sini saling ma’af mema’afkan dari semua kesalahan serta kehilapan dari diri kita masing masing. Halal Bihalal kali ini dengan mengambil tema peningkatan wawasan guru PAI yang berkarakter. 

Sebagai nara sumber atau Pembina adalah Prof. Dr. H. Qomari Anwar. MA. Di Jelasakan dalam pembentukan karakter anak sejak usia dini orang tua kebanyakan menitipkan anaknya kepada pihak ke tiga, sebagai contoh anak di titipkan kepada pembantu atau baby sister. Ada perbedaan pembinaan antara pembantu dan orang tua, menginjak usia remaja mereka mulai terpengaruh oleh lingkungan masyarakat. Pemantapan di usia dini dampaknya adalah anak menjadi tidak jujur, suka basa-basi, timbul egois, sifat yang tidak jujur, semua tidak akurat dan kebijakan dalam kehidupan jadi tidak tepat. Nah di situ sebagai guru harus benar benar menerapkan benteng akhalul karimah sebagai bekal masa depan mereka di kemudian hari.

Dalam kesempatan tersebut Warta Pendidikan sempat wawancara dengan ketua panitia pelaksana yaitu Maswan. Silaturahmi para guru agama yang ada di jakarta selatan di harapkan lebih meningkat lagi. Tanggung jawab sebagai seorang guru terhadap siswa-siswinya lebih baik lagi dan mudah mudahan pendidikan terus berjalan sesuai dengan peraturan dan harapan, ujarnya (Wa)  

HALAL BIHALAL KOMUNITAS PENDIDIKAN WILAYAH 4 RAWA JATI


HALAL BIHALAL WILAYAH 4:Komunitas pendidikan wilayah 4 Rawa jati 
pada tanggal 7/10 mengadakan acara halal bihalal 
yang bertempat di SDN Pengadegan 03 PAGI
HALAL BIHALAL MERUPAKAN TRADISI ORANG INDONESIA DAN PERLU KITA PERTAHANKAN,MENURUT KISAH YANG PERTAMA MENGADAKAN HALAL BIHALAL ADALAH SUNAN BONANG. KALIMAT HALAL BIHALAL BUKAN DARI BAHASA ARAB TAPI STRUKTURNYA BAHASA INDONESIA. DENGAN HALAL BIHALAL KITA SEMUA BISA LEBIH MENINGKATKAN TALI SILATURAHMI DAN UKHUWAH ISLAMIYAH. 

Jakarta Warta Pendidikan. 
Alhamdulillah berkat rahmat Allah swt kita semua masih dikasih nikmat panjang umur serta nikmat hidup,nikmat iman dan islam. Selepas dari bulan suci ramadhan umat islam telah merayakan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 bulan syawal 1431 H. Dalam kurun selama bulan syawal hampir di setiap perkumpulan atau komunitas baik itu di instansi pemerintahan ataupun swasta mengadakan acara halal bihalal. Tak lepas dari tradisi bangsa Indonesia yang telah turun temurun dilaksanakan dan tentunya perlu kita pertahankan keberadaannya. Halal bihalal tujuannya adalah mempertemukan antara sesama teman, kerabat dan dapat mewujudkan rasa persaudaraan atau yang biasa kita di sebut ukhuwah islamiyah. Sedangkan diluar negeri acara seperti ini sama sekali tidak pernah ada sekalipun di Negara Arab Saudi. 

Seperti yang dilaksanakan oleh komunitas pendidikan wilayah 4 Rawa Jati, kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan pada hari Kamis tanggal 07 Oktober telah sukses melaksanakan acara halal bihalal. Hadir pada acara tersebut semua kepala sekolah beserta guru yang ada di wilayah 4, ketua K3S Drs.Abu Bakar Sulaeman, ketua PKG kecamatan Pancoran Dra. Hj. Nurlaela Chaerani, korwas kecamatan pancoran, para pengawas masing masing wilayah, dan kasi dikdas kecamatan Pancoran Hj. Endang Partiningsih. Ketua panitia pelaksana Drs. M. Shofkhan dalam sambutannya menjelaskan, Halal bihalal merupakan tradisi bangsa Indonesia yang dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri. Sebagai panitia pelaksana mengharapkan halal bihalal tetap perlu dilestarikan dari satu generasi ke generasi seterusnya. Dengan adanya acara ini kita semua bisa bertatap muka dengan satu sama lain dan menambah eratnya ukhuwah islamiyah. 

Ditambahkan baik atas nama secara pribadi atau secara kedinasan saya mohon ma’af apa bila ada kekurangan dalam acara ini mohon dibukakan pintu ma’af yang sebesar besarnya. Selanjutnya sambutan kepala seksi dinas pendidikan dasar kecamatan pancoran Hj. Endang Partiningsih S.Sos mengatakan “Mudah mudahan acara ini berjalan dengan sukses dan lancar”. Kasi dikdas berpesan kepada semua guru apa bila ada sesuatu masalah dilingkungan sekolah sebaiknya di bicarakan langsung dengan pimpinan atau kepala sekolah masing masing dan agar di selesaikan dengan baik. 

Selanjutnya di hari yang fitri ini baik secara pribadi ataupun secara kedinasan selama saya memimipin di kecamatan pancoran saya mohon di bukakan pintu ma’af yang sebesar besarnya apa bila ada salah kata, ucap, tingkah, mohon ma’af lahir dan batin. Harapan kami untuk kedepan mudah mudahan kualitas dan mutu pendidikan khususnya di kecamatan pancoran supaya lebih baik lagi. Sementara sambutan ketua K3S wilayah 4 Drs.Abu Bakar Sulaeman Halal bihalal merupakan tali silaturahmi dan mari kita saling ma’af mema’afkan atas semua dosa. Setelah kita melaksanakan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh, mudah mudahan puasa kita diterima oleh Allah SWT. 

Sebagai pelengkap acara di isi dengan siraman rohani islam yang membahas tentang silaturahmi,dan penceramah mengatakan menurut kisah jaman dahulu tentang halal bihalal. Konon katanya halal bihalal yang pertama kali mengadakan yaitu sunan bonang. Masalah dosa kepada sesama manusia harus terlebih dahulu di selesaikan selagi masih kita di beri kesempatan untuk saling mema’afkan. Sebagai acara terakhir para pengawas memberikan arahan atau pembinaan pendidikan kepada semua guru dan kepala sekolah yang hadir dan di akhiri dengan pembacaan do’a. (w@hyu) 

HALAL BIHALAL KKGO/GURU PENJAS KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN




BANGGA DENGAN KKGO/GURU PENJAS KECAMATAN PANCORAN YANG BEGITU KOMPAK 
DALAM MEMAJUKAN OLAH RAGA & SILATURAHMI. KAMI SALUT DENGAN ACARA 
HALAL BIHALAL YANG DI ADAKAN OLEH KKGO KECAMATAN PANCORAN, 
SEDANGKAN DI KECAMATAN LAIN BELUM PERNAH ADA ACARA SEPERTI INI,
TEGAS KASI DINAS OLAH RAGA RUWAIDA. SE, DALAM SAMBUTANNYA. 

Jakarta, Warta Pendidikan 
Setelah melewati bulan suci ramadhan dan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh umat muslim kembali ke hari yang fitri. Berlanjut ke bulan syawal setelah merayakan hari raya idul fitri 1 syawal 1431 H, sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia mengadakan acara Halal bihalal. Tujuan halal bihalal adalah tempatnya bertemu satu sama lain yang di bentuk dalam satu wadah kepengurusan/ organisasi satuan kelompok kerja. Seperti halnya Kelompok Kerja Guru Olah Raga (KKGO) atau kata lain PENJAS kecamatan Pancoran Jakarta Selatan pada hari rabu tanggal 13 Otkober 2010 mengadakan acara halal bihalal. 

Dalam Acara ini di hadiri oleh perwakilan dari PKG yaitu Drs. F . Hermanto, MM yang sekaligus mewakili kapala seksi dinas pendidikan dasar Hj. Endang Partiningsih S.Sos yang kebetulan tidak dapat hadir. Tak ketinggalan kasi dinas olah raga kecamatan pancoran Ruwaidah. SE beserta staf hadir pada kesempatan tersebut. Dan pengawas dari wilayah II serta tamu undangan lainnya yang turut bersilaturahmi. 

Menurut ketua KKGO kecamatan pancoran Budi Setiawan, acara halal bihalal ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan. Tak lepas dari keinginan untuk lebih meningkatkan tali silaturahmi antara sesama guru olah raga/penjas tingkat SD khususnya yang ada di wilayah kecamatan pancoran. Budi menjelaskan kepada Warta Pendidikan mengenai program kerja dalam jangka pendek akan mengadakan pelatihan senam, namun nama senam belum ketahuan secara pasti masih dalam tahap wacana. Kemungkinan besar insya Allah di awal tahun yang akan datang. 

Sedangkan mengenai program jangka menengah yaitu akan melaksanakan Pekan Olah Raga (POR) siswa tingkat SD pada bulan maret tahun 2011 mendatang yang memang merupakan agenda tahunan KKGO. Harapannya bertekad memajukan khususnya olah raga di kecamatan pancoran setiap event berusaha untuk tampil yang lebih baik serta mempertahankan prestasi yang sudah di capai. Selanjutnya dalam sambutan wakil dari PKG Drs. F. Hermanto mengatakan KKGO/PENJAS kecamatan pancoran termasuk yang paling kompak dalam hal semua kegiatan terutama dalam olah raga. Ini terbukti bisa kita lihat sudah banyak sekali prestasi yang sudah di raih dan selalu membawa nama harum kecamatan pancoran.

Sementara sambutan dari kasi dinas olah raga kecamatan Pancoran Ruwaidah SE mengatakan sangat bangga dengan KKGO kecamatan pancoran yang merupakan KKGO paling kompak bila di bandingkan dengan kecamatan yang lain. Dan saya selalu siap mendukung setiap event, kami siap untuk kerja sama dalam bidang olah raga. Di kecamatan lain belum pernah ada acara halal bihalal seperti ini, saya bangga sekali dengan KKGO Pancoran. Ruwaidah baru satu tahun menjabat sebagai kasi dinas olah raga dan sudah menyusun program program kerja untuk dilaksanakan. Baik program kerja jangka pendek, jangka menengah, dan program kerja jangka panjang.

Untuk program jangka pendeknya yaitu seputar seleksi paskibra untuk siswa SMA/SMK, POR pelajar, SD, SMP, dan SMA. Mempersiapkan cabang olah raga untuk mengikuti turnamen tenis meja antar pelajar SD tingkat kota administrasi Jakarta selatan. Untuk jangka menengahnya persiapan POR tingkat siswa SD pada bulan maret mendatang. Sedangkan program jangka panjangnya yaitu akan mempersiapkan pembinaan seperti latihan SAR kepada pemuda dan pelajar tingkat SMA/SMK.  selanjutnya siap meyukseskan dalam menghdapi event PORDA, PORWIL pada tahun 2011 yang akan datang. Demikian wawancara Ruwaidah kepada Warta pendidikan di sela-sela acara.(w@hyu) 

11 Oktober 2010

HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR YAYASAN PENDIDIKAN NURUL ISLAM LARANGAN BREBES

(ketua YPNI Drs.H Taryudi Dahlan M.Ag)  (Kepsek SMK Nurul Islam Drs. Gunawan S)
 (Kepsek Mts N I  Drs.M. Abd. Ghofur)  dan Foto halal Bihalal
Brebes, Warta Pendidikan
Salah satu kriteria yang dipakai dalam melihat kemajuan suatu bangsa adalah eksistensi sumber daya manusianya (SDM). Jika SDM di suatu negara dapat diandalkan dibidangnya, maka hal ini menunjukan bahwa negara tersebut telah berhasil mendidik anak bangsanya menjadi SDM yang handal. 

Untuk dapat menciptakan SDM yang handal, Drs.H. Taryudi Dahlan. M.Ag selaku ketua umum Yayasan Pendidikan Nurul Islam yang berada didesa slatri Larangan Brebes dalam kata sambutan pada acara halal bihalal keluarga besar yayasan pendidikan nurul islam pada tanggal 26 september 2010 menyatakan antara lain bahwa kita tidak akan bisa mencapai kemajuan dalam bidang pendidikan tanpa dedikasi dan kerja keras dari pengurus yayasan, paa kepala sekolah dewan guru, komite sekolah, dan tenaga pendidik. Selanjutnya beliau mengajak kepada seluruh keluarga besar yayasan untuk bekerja lebih keras lagi demi kemajuan yang lebih besar. 

Yayasan pendidikan nurul islam membawahi lembaga pendidikan SMK nurul islam, Mts Nurul Islam, MI Nurul Islam serta diniyah Sibyatul Wathon, SMK Nurul Islam memiliki Jurusan Mekanik Otomotif, Tehnik Audio Video dan Marketing dengan ruang belajar 27 kelas dan 1 ruang kelas untuk praktek multimedia serta sarana penunjang lainnya mobil dan bis untuk praktek siswa otomotif serat 1 unit pemancar radio. Jumlah guru pendidik 56 orang jumlah peserta didik 1480 anak telah meluskan anak beberapa anak didik yang sekarang telah bekerja diberbagai perusahaan didsalam negeri dan beberapa diantaranya bekerja di perusahaan diluar negeri seperti jepang, korea, arab saudi sebagai tenaga kerja terampil. Demikian ungkap Kepala Sekolah Drs. Gunawan. 

Mts Nurul Islam memiliki ruang belajar mengajar, sarana dan prasarana olahraga serta halaman yang cukup luas yang sering dijadikan tempat untuk lomba-lomba seperti lomba drum band. Drs. Mohammad Abdul Ghofur selaku Kepala Mts Nurul Islam dengan dewan guru lebih menekankan agar peserta didik memliki ilmu pewngetahuan yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.(Malik Ibrohim)

PAUD MIFTAKHUL SALAM DESA BAJANGAN SONGGOM BREBES

Foto Bu Sunarsih beserta anak siswa-siswi Paud Miftakhul Salam

Brebes, Warta Pendidikan
Dengan digalakannya program Pendidikan Anak Usia Dini oleh Pemerintah Pusat dan daerah telah mengalokasikan Dananya dalam membantu para lembaga pendidikan non pemerintahan menumbuh kembangkan kegiatan mereka terutama didesa-desa yang jauh dari keramaian dengan tema memberikan pembelajaran sambil bermain untuk anak usia dini, dari usia 3 sampai dengan 6 tahun, yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan Nasional khusunya bidang PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) dengan adanya program ini maka banyak tumbuh PAUD yang berasal dari Posyandu maupun dari program PKBM diseluruh Indonesia. 

Begitu juga halnya dengan PAUD Miftakhul Salam yang berada di desa Bajangan Soggom Kabupaten Brebes Jawa Tengah ini telah eksis mengadakan kegiatan Pendidikan AAnak Usia dini dengan diketuai oleh Sunarsih, Berdasarkan Visi Paud Miftakhul Salam yaitu terwujudnya anak usia dini yang cerdas sehat dan ceria serta memiliki kesiapan fisik maupun mental dengan itu bu nurhayati dan bu sunarsih selaku pengajar mengharapkan dapat memberikan pendidikan dalam rangka pengembangan layanan seni, moral dan nilai-nilai agama, agar pertumbuhan anak tercapai secara optimal dan benar dengan cara belajar sambil bermain. 

Menurut Kepala Paud Sunarsih mengatakan pada Warta Pendidikan bahwasahnya Khususa didesa songom dan kecamatan songom pada umumnya karena belum ada layanan semacam ini dan para orang tua sibuk bekerja layanan ini tepat sekali dan benar-benar berguna bagi masyarakat maka dari itu keikutsertaan masyarakat sangat kami butuhkan dan dukungan dari pemerintah maupun elemen lainnya dalam mengembangkan pendidikan maupun membangun sehingga generasi muda kedepan dan anak bangsa ini benar-benar berkualitas.(Medi)

POS PAUD MIFTAKHUL IRSYAD PAGENDENGAN SONGGOM BREBES

Foto Ibu Nurhayati, Ibu eli Murniasih, dan rekan bersama murid-murid 
Pos Paud Miftakhul Irsyad

Brebes, Warta Pendidikan
Berdasarkan UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang tujuan pembiasaan adalah untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

oleh karena itulah Maka bu nurhayati selaku pembina Pos Paud Miftakhul Irsyad dan Miftakhul Salam berharap agar warga songgom dan seluruh para ibu-ibu yang memiliki putra putri usia dini dapat sejak dini sudah mendapatkan pendidikan yang layak. 

Untuk mewujudkan itu bu nurhayati dan bu eli murniasih selaku pengajar Pos Paud Miftakhul Irsyad dengan penuh kesabaran berjuang untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang siap pakai yang merupakan tunas bangsa yang pada saatnya nanti akan berkiprah menggantikan para pemimpin bangsa ini.(Agus s)

03 Oktober 2010

HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH SELEPAS LIBUR LEBARAN DI SDN PASIR GOMBONG 02

kepala sekolah R. Edi Baharudin, S.Pd
Bekasi, Warta Pendidikan 
Libur Panjang dalam rangka Hari Raya Idul Fitrih 1431 H di seluruh siswa yang bersekolah dari tingkat SD sampai dengan SMA sangatlah melelahkan dan membuat jenuh para siswa untuk belajar kembali. Kegiatan pada hari pertama masuk sekolah banyak diisi dengan acara halal bihalal sesama siswa dan guru, begitu juga dengan SDN Pasir Gombong 02 dimana pada hari pertama di isi dengan acara Halal bihalal dan kerja bhakti, menurut keterangan kepala sekolah R. Edi Baharudin, S.Pd mengatakan selain halal bihalal sekolah mengadakan rapat terbatas dengan dewan guru dalam rangka memulai kembali pembelajaran dan mengahdapi Mid semester yang sebentar lagi akan dimulai sekitar tanggal 4 Oktober 2010 nanti. 

Adapun Rencan Program Sekolah pada Tahun Ajaran 2010-2011 ini adalah meningkatkan sarana prasaran yaitu membuat paving blok halaman sekolah dengan cara mengajukan proposal keperusahaan maupun ke dewan komite sekolah, hal ini dikarenakan banyak siswa-siswi kelas 1 dan 2 bila bermain di halaman sering tersandung batu dan tanah yang bergelombang yang dapat berdampak terjatuh. Ujar edi. 

Lebih lanjut ia juga menerangkan bahwa pada tiap jum’at siswa-siswi memberikan infak keguru agama untuk disumbangan kepada anak yatim dan fakir miskin disekolah, saat ini terdapat 31 siswa yatim diberi bantuan berupa alat tulis, tas, buku dan perlengkapan sekolah lainnya. Sedangkan siswa yang berasal dari keluaraga tidak mampu berjumlah sebanyak 15 orang, dari total siswa sebanyak 390 anak dengan rombel 9 kelas dan lokal kelas sebanyak 6 ruangan. Kata kepala sekolah yang sedang melanjutkan Kuliah S2 ini. (Fai)

PEMBAGIAN ZAKAT FITRAH DI SDN TELAGA ASIH 01

Ust. Jumardi, S.Ag saat penyaluran Zakat dan Infak
Bekasi, Warta Pendidikan 
Anak Yatim dan fakir miskin di SDN Telaga Asih 01 mendapat pembagian zakat dari terkumpulnya zakat fitrah di Sekolah tersebut, Jum’at, 03/09/2010. 

Acara yang dikomandoi oleh Ust. Jumardi, S.Ag berlangsung didalam kelas dimana sebanyak 107 Anak/Mustahiq mendapatkan Zakat. Ust Jumardi mengatakan Sampai saat ini telah terkumpul zakat berupa uang sebesar Rp. 3.230.000,- dan beras sebanyak 14 kg dari 214 siswa yang membayar zakat disekolah. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan penerimaan dan penyaluran zakat selalu diadakan tiap tahunya disekolah dimana kegiatan ini telah disetuju oleh kepala sekolah Wahid Sulaeman, S.Pd. adapun tujuan dari kegiatan ini adalah agar dapat menumbuh kembangkan rasa solidaritas sesama siswa disekolah dan merupakan sebuah implemntasi dari Kewajiban seorang Muslim dimana Zakat Fitrah adalah kewajiban. Ujar Jumardi Diakhir Pembicaran. (Iw)

SDN SUKARAYA 04 TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

kepala sekolah Pipin Suwardah, S.Pd  (tengah) berfoto
bersama guru dan murid
Bekasi, Warta Pendidikan 
Sesuai dengan Program pemerintah yaitu Wajib belajar sembilan tahun maka semua sekolah yang memperoleh bantuan dana Operasional Sekolah wajib mengratiskan semua siswa, seperti yang tertuang didalam buku panduan dana BOS. 

Salah satu sekolah yang telah melaksanakan program ini adalah SDN Sukaraya 04 dimana semua siswa telah bersekolah secara gratis tanpa dipungut bayaran. Dari keterangan kepala sekolah Pipin Suwardah, S.Pd mengatakan dana BOS yang telah bergulir dimanfaatkan untuk kegiatan sekolah salah satunya adalah dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh gugus maupun Tingkat kecamatan, dari prestasi yang telah diraih saat ini adalah Lomba Calistung dengan merebut 6 piala tingkat gugus pada juara 2 dan 3., kemudian Lomba MIPA tingkat kecamtan menjuarai Peringkat II, dan Lomba Azan yang diadakan oleh MTSN Cikarang Juara III, dan BTQ Juara III. 

Sedangkan dalam lomba pramuka pada pesta siaga juara II Lomba Seni dan Pada Jambore Juara II untuk Pentas Seni dan Wid Game juara II, ujar Pipin. Ia juga mengatakan semua kegiatan ini dibiaya oleh Dana BOS dan hasil prestasi yang telah dicapai berkat kerjasama yang baik antar guru dan Murid, untuk keadaan siswa saat ini berjumlah 610 Anak dengan Rombel 15 dan Lokal 6 buah dengan tenaga pengajar sebanyak 22 guru. Saat ini sekolah menjalankan program sesuai dengan KTSP dimana diupayakan agar pembuatan soal ulangan umum dan mid semester nantinya berasal dari guru sendiri, untuk kedisiplinan diterapkan Funish and Reward dan menjalin hubungan yang harmonis dengan warga sekolah dan komite sekolah, dan yang tak kelah pentingnya saat ini sekolah sangat membutuhkan bantuan pengerasan lapangan/halaman sekolah yang saat ini tergenang oleh air, ungkap pipin diakhir wawancara. (Iw) 

MTS NEGERI CIKARANG CETAK MANUSIA YANG UNGGUL DAN BERIMAN

Kepala MTS Negeri Cikarang Drs. H. Ropiudin

Bekasi, Warta Pendidikan
Sekolah ataupun madrasah tidaklah jauh perbedaannya dari kurikulum dan pelajaran juga sama namun untuk Madrasah lebih banyak Jam pebelajaran Agamanya yaitu sebanyak 8 jam perminggu, disisi lain dimadrasah lebih diarahkan pada pembelajaran Baca Tulis Alquran dan mempertebal ketaqwaan serta keimanan peserta didik dmana dapat disebutkan sebagai sukses di dunia juga sukses diakhirat.

Salah satu Madrasah Tsanawiyah Negeri yang berada di Cikarang Bekasi adalah MTSN Cikarang yang beralamat di Kampung pelaukan desa karang rahayu kecamatan Karang Bahagia dimana saat ini memiliki siswa sebanyak 450 siswa dengan Rombel 15 dan lokal kelas sebanyak 15, meneurut keterangan Kepala Madrasah Drs. H. Ropiudin pada Warta Pendidikan mengatakan bahwa saat ini sekolah telah menjalankan Program Pembelajaran sesuai dengan KTSP dimana antara Rombongan belajar dengan Lokal Kelas telah memadai.

Adapun program Sekolah yang sedang akan ditempuh adalah 1. Melengkapi Fasilitas Saarana Prasarana seperti Lab Multimedia, Lab IPA, Lab Komputer dan Lab Bahasa. 2. merangkul masyarakat dalam mempercai anak mereka bersekolah dimadrasah dikarenakan Sekolah terletak dipinggiran sehingga kurang strategis yang berdampak pada pengembangan Quntitas Siswanya. 3. mengunakan sistem pembelajaran PAKEM ( Pembelajaran Aktip, Kreatip, Efektip dan menyenangkan) 4. melakukan Hubungan yang baik dengan orang tua murid, Komite dan Stake holder dalam memajukan pendidikan. Dan selanjunya adalah meningkatkan SDM pada guru dengan mengiatkan kedisiplinan. Dan saat ini hampir 95 % tenaga pengajar telah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), Kata Ropi di akhir wawancara.

Dilain tempat salah salah satu guru MTS mengatakan saat ini perhatian dari pemerintah daerah khusunya Kab Bekasi terhadap guru MTS sangatlah kurang salah satunya adalah pemberian bantuan uang transport pada guru Madrasah yang tidak ada, sedangkan guru SMP mendapatkan. Padahal sesuai dengan PP 48 tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan menyatakan bahwa Biaya Gaji Guru menjadi kewajiban dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat, dimana kesehjateraan guru berupa Uang transport sangatlah dibutuhkan. Karena walaupun pemda tidak mengaji mereka tapi yang didik d an diasuh oleh guru madrasah adalah warga masyarakat bekasi juga yang mana siswa-siswi yang bersekolah dimadrasah sama perlakuannya dengan Siswa yang bersekolah di SMP. Ujar nya. (Fai)

SDN SUKARAYA 06 BUTUH BANTUAN PENGERASAN HALAMAN SEKOLAH

Kepala Sekolah Badri, S.Pd dan foto siswa sedang senam  
Bekasi, Warta Pendidikan 
Sesuai dengan Juklak dan Juknis Pengunaan Dana BOS telah tercantum dengan Jelas pemanfaatanya, salah satunya adalah Perawatan Gedung Sekolah dimana Jumlah tidak lebih dari Perawatan Ringan Saja seperti Mebetulin Atap, Plapon, Pengecatan maupun Penambalan dinding yang Rusak. Namun utuk pengerjaan yang sifatnya membutuhkan biaya yang besar tidak dapat dilakukan dengan dana BOS salah satunya adalah pengerasan Halaman Sekolah yang Becek, dimana dapat dilakukan dengan sumbangan dari orang tua muri, Stake Holder dan Pemerintah pusat dan Daerah. 

Salah satu sekolah yang memiliki halaman yang becek bila hujan adalah SDN Sukaraya 06, dimana pada saat ini sekolah menjalankan KBM sesuai dengan KTSP, dari keterangan Kepala Sekolah Badri, S.Pd mengatakan pada warta Pendidikan, dimana saat ini sekolah belum memiliki Halaman yang dicor ataupun dipaving Blok diakrenakan belum memperoleh bantuan, sedangkan pengajuan telah dijalankan namun dikarenanakan program dari pemerintah belum ada untuk perbaikan Pengerasan halaman maupun pagar sekolah. Sehingga bila musim hujan maka untuk pemanfaatan halaman dalam pelajaran Olahraga maupun Upacara Bendera tidak dapat dilakukan. Untuk lebih lanjut akan diupayakan pengajuan proposal ke perusahaan yang perduli terhadap dunia pendidikan, ujar Badri. 

Dilain pihak Salah satu guru menjelaskan bahwa Pendidikan Gratis yang telah diberitakan dimedia masa banyak membuat orang tua murid tidak mau memperdulikan anak mereka seperti Buku dfambar saja banyak anak-anak yang tidak memiliki, dikarenakan anggapan dari orang tua bahwa sekolah adalah gratis, namun tidak semuanya gratis, seperti buku tulis, buku gambar, seragam sekolah maupun olah raga ujar Guru ini diakhir pembicaraan. (Fai) 

Jawa Barat

SDN simpangan 03 adakan maulidnabi LOMBA OSN TINGKAT KECAMATAN CIKARANG UTARA LOMBA CALISTUNG DAN OSN TINGKAT KABUPATEN
SDN KARANG ASIH 01 MEWAKILI BEKASI KE LOMBA KETINGKAT PROVINSI LOMBA CALISTUNG DAN OSN KEC KARANG BAHAGIA LOMBA CALISTUNG DAN OSN TINGKAT KECAMATAN SUKATANI LOMBA CALISTUNG TINGKAT KECAMATAN CIKARANG PUSAT LOMBA CALISTUNG KECAMATAN CIKARANG UTARA bulan DANA BOS TRIWULAN II BELUM TURUN SEKOLAH PAKAI UANG TABUNGAN SISWA PERPISAHAN DAN PENTAS SENI BUDAYA SMA II CIKARANG PUSAT EXPSRESI 11 MAN CIKARANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU PNS DAN GURU HONORER DI KEC SUKATANI RAPAT KOMITE DISDN SINDANG MULYA 02 Sosialisasi SENAM SERIBU Di Kecamatan Kedung Waringin SDN SUKADARMA 01 TINGKATKAN MUTU KBM PORSENI PNFI KAB BEKASI LOMBA CALISTUNG TINGKAT KECAMATAN CIKARANG TIMUR DANA BOS TAHUN 2011 BELENGGU KEBEBASAN SEKOLAH lomba-calistung-tingkat-kecamatan cikarang pusat SDN KARANG RAHAYU 03 PERINGATIN HARI LAHIRNYA NABI MUHAMMAD SAW. Peringatan Maulid nabi muhammad SAW di SDN Karang Rahayu 01 SMPN 1 Cikarang Timur juara umum lomba paskibra se pulau jawa SMPN 03 CIKARANG UTARA JADI TUAN RUMAH LOMBA AKSI SMPN 4 CIKARANG UTARA JUARA 1 TURNAMENT BULUTANGKIS TERBUKA SE KABUPATEN BEKASI TURNAMENT BULU TANGKIS ANTAR PELAJAR SD, SMP DAN SMA SE KABAUPATEN BEKASI DANA BOS BELUM TURUN SEKOLAH KEBINGUNGAN SDN SUKA RESMI 05 ADAKAN LOMBA ANTAR KELAS SENAM JUMSIHAT SDN KEDUNG WARINGIN 01 MENUJU SEKOLAH YANG BERMUTU PENINGKATAN PRESTASI DENGAN LOMBA CALISTUNG UPTD CIKARANG SELATAN AJANG KREATIFITAS OLAHRAGA DAN SENI GELAR FUTSAL SDN KEDUNG WARINGIN 02 BUTUH RUANG LOKAL MELALUI LOMBA CALISTUNG KITA TINGKATKAN SISWA BERPRESTASI Pembentukan Komite dan sumbangan dari Komite Di sdn karang rahayu 01 Karang Bahagia SDN Sukadami 04 Mensosialisasikan Senam baru (Senam Jumb sehat) Gedung SD Sukadami 02 rusak parah Bupati di minta Turun Tangan Sertijab Promosi dan Rotasi di lingkungan Dinas Pendidikan. SDN KARANG ASIH 14 SANTUNI ANAK YATIM SMPN 02 CIKARANG PUSAT GELAR LOMBA ANTAR KELAS GUGUS III KECAMATAN C IKARANG PUSAT GELAR ANEKA PERLOMBAAN SMPN 01 CIKARANG PUSAT ADAKAN KOMPITISI VOLLYBALL SDN DANAU INDAH 03 ADAKAN UJIAN SEMESTER SHUNSHINE PRESCHOOL BERIKAN BANTUAN UNTUK SDN PASIR TANJUNG 02 PELOMBAAN ANTAR KELAS DI SDN CIBARUSAH KOTA 02 Pisah Sambut Kepala UPTD Yang Baru Dengan Yang Lama di Ruang Aula Kedung Waringin ">